Sunday, April 02, 2006

Biografi Singkat Tai Situ Rinpoche ke-12

Chamgon (Cham=Sangat Welas Asih, Gon=Pemimpin) Tai Situ Rinpoche adalah inkarnasi ke 12 dari garis silsilah yang tidak terputuskan yang dimulai dari abad ke 11. Seorang Guru keagamaan yang penting yang tiada tandingannya dalam sejarah agama Buddha di Tibet, beliau adalah pemegang salah satu dari aliran Kagyu. Beliau dilatih oleh YM Karmapa ke-16, dan sekarang beliau mengawasi pengajaran YM Karmapa ke-17, Orgyen Trinley Dorje.

Chamgon Tai Situ Rinpoche, seorang penjelmaan dari Bodhisattva Maitreya, telah di ramalkan untuk menjadi Buddha yang akan datang, Buddha kelima dari 1,000 Buddha yang akan muncul di era panjang yang beruntung ini. Penjelmaan beliau yang pertama adalah Raja Indrabodhi, seorang murid dari Buddha Sakyamuni. Di masa yang lampau di Tibet Tai Situ Rinpoche dilahirkan sebagai guru dari Milarepa yang sangat terkenal, Marpa, yang melakukan perjalanan bahaya dan sulit ke India sebanyak 3 kali untuk membawa kembali ajaran Sang Buddha. Ajaran -ajaran dan Penerusan Ajaran yang beliau bawa kembali ke Tibet membentuk ajaran-ajaran inti dari Aliran Kagyu.

Guru Rinpoche, Padmasambhava dengan jelas memberitahukan sebelumnya semua nama dari penjelmaan Tai Situpa dalam sebuah teks berharga yang dikenal dengan nama "Kunci Perintah dari Ramalan" (Lungten Kagyama), yang ditemukan oleh penemu ajaran rahasia Sangye Lingpa. Garis silsilah Tai Situpa yang terkenal diawali oleh Drogon Rechen (1088-1158), seorang murid utama dari YM Karmapa Pertama, Dusum Khyenpa. Sejak saat itu, inkarnasi dari Tai Situpa selalu memiliki hubungan erat dengan para Karmapa; dari satu kehidupan ke kehidupan berikutnya mereka saling bergantian menjadi guru dan murid. YM Karmapa ke-16 meramalkan bahwa Tai Situ Rinpoche akan menjadi guru utama beliau di kehidupan beliau yang berikutnya. Beliau menyerahkan sebuah surat yang berisikan ramalan tempat dan hal-hal yg menyertai kelahiran beliau yang akan datang kepada Tai Situ Rinpoche. Tai Situ Rinpoche juga memiliki peran penting dalam penemuan dan pentahbisan YM Karmapa ke-17.

YM Mulia Tai Situ Rinpoche ke-12 dilahirkan pada tahun 1954 dan di tahbiskan pada usia yang sangat muda di Vihara Palpung, tahta keviharaan utama dari para Tai Situpa di Tibet bagian timur. Beliau menerima transmisi-transmisi ajaran-ajaran penting dari banyak guru-guru besar, terutama YM Karmapa ke-16, Kyabje Dorje Chang Kalu Rinpoche dan YM Dilgo Khyentse Rinpoche.

Sebagai seorang seniman dan pelukis, Tai Situ Rinpoche mengajar dalam bahasa Inggris yang fasih dan juga seorang penulis dari beberapa buku.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home